Senin, 11 April 2011 | By: Jakarta Punya

RENGGINANG


Rengginang adalah penganan sejening kerupuk, tebal, terbuat dari beras ketan matang yang dimasak matang bersama bumbu-bumbunya, dikeringkan dengan panas matahari kemudian digoreng. Jadilah penganan yang gurih dan renyah garing. Rengginang lebih popular didesa-desa sebagai snack ringan dimeja makan bahkan disajikan sebagai snack di meja tamu.
Saat ini ada berbagai macam rasa rengginang dibuat oleh para pengrajin penganan jenis ini. Seperti rengginang udang, rengginang tiram dan lain-lain yang banyak ditemukan disekitaran kota Cirebon, dan sepanjang daerah pantura (pantai utara). Ada lagi Rengginang Terasi, yaitu jenis rengginang yang pada saat dimasak diberi bumbu terasi sehingga penampilannya menjadi agak coklat butek tapi citarasanya menjadi khas, gurih dengan aroma sedap.
Disetiap daerah di Indonesia, memiliki rengginang khas masing-masing. Selain rengginang Cirebonan, ada Rengginang Semarangan, Tasik, Jawa Timuran dan lain-lain semuanya enak. Saat ini rengginang sering disajikan dalam pesta di hotel maupun restoran besar. Rengginang yang dijumpai ditempat seperti ini kebanyakan berukuran kecil dan bentuknya lucu-lucu.
Bulat bundar dan bentuk lainnya. Penyajian unik ini sangat mengobati rindu setiap peminatnya pada makanan tradisional daerah asalnya. Eits, rupanya makanan mirip rengginang ada juga di Malaysia lho.. Terbuat dari Sagu butiran, namanya Inang-inang Sago. Bentuknya lebih tipis dan warna-warni cantik banget.
Menggoreng Rengginang paling baik menggunakan minyak banyak dan panas. Jemur rengginang hingga kering kemudian goreng hingga mengembang matang. Gunakan api sedang hingga rengginang matang sempurna. Ada juga rengginang yang sekarang dibuat ready to fry tanpa proses jemur lebih dahulu. Rengginang jenis ini memudahkan kita mengolahnya langsung meski cuaca sedang hujan sekalipun.

0 comments:

Posting Komentar