Minggu, 16 Januari 2011 | By: Jakarta Punya

Jakarta Service City


Keanekaragaman budaya merupakan salah satu aset kebanggaan suatu Negara. Indonesia adalah suatu Negara yang memiliki keanekaragaman tersebut. Salah satu kebudayaan tersebut adalah kebudayaan Jakarta.
Jakarta merupakan sentralisasi sekaligus pusat perekonomian Indonesia, banyak pengusaha baik dalam dan luar negeri menjadi investor dalam pengembangan perekonomian. Namun dibalik semua itu,Jakarta juga mempunyai latar belakang dan keragaman budaya, yaitu kebudayaan Betawi.
Kebudayaan Betawi merupakan budaya campuran (mestizo) dari berbagai etnis. Sejak zaman Penjajahan, Jakarta mengalami beberapa perubahan nama yang pada akhirnya ditetapkanlah sebuah nama “Jakarta” sebagai icon. Jakarta merupakan ibu kota Indonesia yang menarik pendatang dari dalam dan luar Nusantara. Suku-suku yang mendiami Jakarta antara lain Jawa, Sunda, Minang, Batak dan Bugis. Selain dari penduduk lokal, budaya Jakarta juga menyerap dari budaya luar seperti budaya Arab, Tiongkok, India dan Portugis.
Selain itu, Jakarta juga memiliki tempat-tempat bersejarah. Salah satunya monumen lubang buaya, monumen proklamasi, kota tua peninggalan belanda, serta beberapa museum yang menyimpan benda-benda bersejarah.
Melihat kebudayaan Jakarta yang unik, menarik serta perlunya pelestarikan budaya, kami bersama Kadin DKI Jakarta berusaha memperkenalkan produk-produk yang berhubungan dengan kebudayaan Jakarta.
Kamar Dagang dan Industri (Kadin) akan meluncurkan cendera mata khas Jakarta bernama "Jakarta Punya.” Peluncuran "Jakarta Punya" tersebut akan dibuka oleh Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo di Taman Fatahillah, Jakarta. "Jakarta Punya" merupakan upaya menumbuhkan kembali bisnis, lapangan kerja, dan kebanggaan warga Jakarta terhadap kotanya.
Cendera mata "Jakarta Punya" terdiri dari barang-barang dengan berbagai desain unik, seperti baju dengan desain kreatif, boneka, tas, buku catatan dan cinderamata-cinderamata unik lainnya. "Jakarta Punya" diharapkan dapat mendorong pertumbuhan usaha mikro, kecil, dan menengah.
Peluncuran "Jakarta Punya" tersebut merupakan bagian dari program Kadin yang bernama "Jakarta Service City" yang mengedepankan keunggulan Kota Jakarta dalam pariwisata, kewirausahaan, infrastruktur, permodalan bisnis, dan reformasi birokrasi.
Sebagai bagian dari program KADIN DKI Jakarta dan Pemrov DKI Jakarta, Jakarta Punya juga menaungi beberapa UKM dalam peningkatan UKM dan industri kreatif.

0 comments:

Posting Komentar