Senin, 04 April 2011 | By: Jakarta Punya

MUSEUM BAHARI


Museum Bahari terletak di Jalan Pasar Ikan No.1, Penjaringan, Jakarta Utara. Bangunan ini merupakan bangunan kuno yang dibangun secara bertahap sejak tahun 1652-1774. Ketika itu bangunan ini digunakan oleh VOC Belanda sebagai gudang rempah-rempah. Selanjutnya pada pemerintahan Jepang di Indonesia gedung yang dikenal sebagai gudang rempah-rempah ini sejak tahun 1942 beralih fungsi menjadi gudang logistik peralatan militer Jepang.
Museum Maritim atau lebih dikenal dengan nama Museum Bahari bentuk model atau replika kecil, photo, lukisan serta berbagai model perahu tradisional, perahu asli, alat navigasi, kepelabuhan serta benda lainnya yang berhubungan dengan kebaharian Indonesia. Museum ini mencoba menggambarkan kepada para pengunjungnya mengenai tradisi melaut nenek moyang Bangsa Indonesia dan juga pentingnya laut bagi perekonomian Bangsa Indonesia dari dulu hingga kini.
Museum ini juga memiliki berbagai model kapal penangkap ikan dari berbagai pelosok Indonesia termasuk juga jangkar batu dari beberapa tempat, mesin uap modern dan juga kapal Pinisi (kapal phinisi Nusantara) dari suku Bugis (Sulawesi Selatan) yang kini menjadi salah satu kapal layar terkenal di dunia.


Berlokasi di Jl. Pasar Ikan no 1. Jakarta Utara, Telepon: 6693406

0 comments:

Posting Komentar