Selasa, 05 April 2011 | By: Jakarta Punya

MENARA SYAHBANDAR


Menara Syahbandar terletak di Jalan Pasar Ikan No.1, Jakarta Utara. Bangunannya berarsitektur gaya Eropa yang dibangun pada tahun 1839. Fungsi dari bangunan semula adalah menara pengawas bagi keluar masuknya kapal ke/dari Pelabuhan Batavia (Kali Ciliwung).
Setelah pembangunan pelabuhan Tanjung Priok selesai (1886), menara pengawas (Uitlijk) berkurang peranannya, namun tetap dijadikan menara pengawas dan kantor Syahbandar bagi kegiatan Pelabuhan Pasar Ikan (1926-1967). Pada tahun 1967 dengan diresmikannya Pelabuhan Sunda Kelapa maka praktis Menara pengawas tidak difungsikan bagi kegiatan kepelabuhan. Pada masa pendudukan Jepang, kompleks ini dimanfaatkan untuk gudang penympanan logistik.
Tahun 1950-an pernah menjadi Kantor/Pos Kepolisian penjaringan hingga akhirnya pada tanggal 7 Juli 1977 dijadikan bagian dari Museum Bahari.Pemandangan mata burung dari bagian tengah Menara Syahbandar ke arah Jl. Pasar Ikan. Menara Syahbandar ini menempati bekas benteng Culemborg yang dibangun sekitar 1645. Karena itulah pintu besi di bawah Menara Syahbandar konon menjadi jalan masuk ke lorong bawah tanah menuju Masjid Istiqlal yang pada masa kolonial adalah lokasi benteng Belanda (Citadel Prins Frederik).

0 comments:

Posting Komentar